Artikel

Ikan Tenggiri

Siapa yang nggak kenal dengan ikan tenggiri? Sepertinya hampir semua orang Indonesia mengenal ikan yang satu ini. Ikan yang sudah menjadi primadonanya Indonesia, terutama karena makanan khas Palembang yaitu pempek. Pertanyaannya, kenapa pempek selalu menggunakan ikan tenggiri? mau tahu alasannya, silahkan simak informasi berikut

 

Peran pengganti yang lebih dikenal

Sebelum ikan tenggiri digunakan sebagai bahan pempek, industri pempek di Palembang menggunakan ikan belida sebagai bahan utamanya. Selain daerah tangkapannya dari sungai Musi, ikan belida juga memiliki tekstur dan rasa yang sangat gurih. Namun sangat disayangkan, karena penangkapan yang berlebihan mengakibatkan populasi ikan belida menurun sangat drastis. Kelangkaan ini mempengaruhi harganya saat ini, berkisar Rp200,000 - Rp300,000 per ekornya!

Mungkin sebagian dari kita belum begitu familiar dengan ikan belida, saat ini ikan belida lebih dikenal sebagai ikan predator hias daripada ikan gurih. Oleh karena itu tidak heran jika kita justru lebih mudah menemukannya di pasar ikan hias daripada pasar ikan segar.

Tingginya harga ikan belida, membuat para pelaku industri pempek akhirnya memilih ikan tenggiri sebagai bahan mentah alternatif. Ikan tenggiri memiliki kulit yang tipis dan tekstur daging yang sangat lembut. Selain itu ikan tenggiri juga memiliki aroma dan rasa yang sangat khas. Ada berbagai jenis ikan tenggiri yang sering digunakan untuk bahan pempek, antara lain, batang, papan dan bunga. Namun untuk jenis batang sering dipilih karena memiliki daging yang tebal dan aroma yang lebih kuat.

 

Cara memilih ikan tenggiri

Ikan tenggiri sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun suppermarket, namun sebelum membeli ada baiknya kita perhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Pilih ikan tenggiri yang segar. Berikut artikel tentang ciri ikan segar,
  • Pilih tubuh yang gemuk / tebal. Ikan tenggiri jenis batang yang memiliki bobot 2kg keatas, cenderung memiliki daging yang lebih banyak sehingga akan mengurangi tingkat penyusutan.
  • Sebisa mungkin hindari membeli daging giling dalam kondisi beku. Daging yang sudah digiling umumnya tidak tahan lama jika dikemas dengan cara yang kurang tepat. Selain itu kandungan nutrisi seperti protein, lemak, dan vitamin akan ikut mencair saat proses pencairan, cairan ini tentunya akan mempengaruhi kualitas dan aroma khas ikan tenggiri.
  • Pedagang ikan tenggiri umumnya memberikan jasa penggilingan, selalu pastikan alat giling yang digunakan bersih dan higienis. Jika memungkinkan carilah pedagang yang memiliki alat giling yang hanya digunakan untuk ikan tenggiri, agar rasa dan aroma asli tenggiri tetap terjaga.

Layanan Pelanggan

Telpon 0274 896979

SMS / Whatsapp 082110288775

Email fizmart.mail[@]gmail.com

 

Jadwal layanan pelanggan :

Senin - Jumat : 08.00 - 17.00

Sabtu : 08.00 - 14.00

Minggu : libur

Gerai & Marketing

Jl. Kaliurang Km.13, Perumahan Griya Perwita Wisata III, Helegonia No.9, Ngaglik, Sleman - Yogyakarta 55581

 

Telpon : 0274 896979

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

twitter | facebook | google+