Artikel

Ikan adalah sumber omega-3 terbesar yang bisa kita peroleh dari hewan. Ada banyak sekali manfaat omega-3 yang bisa kita rasakan, salah satunya adalah untuk kesehatan otak. Tidak heran jika saat ini semakin banyak ibu hamil dan menyusui yang memilih ikan sebagai asupan pentingnya.

Terbatasnya informasi dan edukasi, banyak para ibu yang beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi ikan setiap hari saat hamil dan menyusui, otak anak akan semakin sehat serta berkembang dengan sempurna. Pendapat ini tentunya tidak salah tetapi tidak bisa juga dibenarkan begitu saja.

 

Pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sewaktu mengkonsumsi ikan saat hamil atau menyusui. Mulai dari jumlah yang harus sesuai kebutuhan sampai jenis ikan apa saja yang direkomendasikan untuk dimakan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengkonsumsi ikan saat hamil atau menyusui :

  1. Jumlah sajian harus tepat. Idealnya 85g – 340g ikan setiap minggu sudah cukup dan variasikan jenis ikan yang dimakan.
  2. Pilih ikan berkadar merkuri rendah. Ikan yang beredar di pasar Indonesia sudah memenuhi standar kualitas pangan, namun jenis salmon, tuna, tilapia (nila), catfish (lele) dan udang adalah jenis yang direkomendasikan.
  3. Hindari mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti hiu, king mackerel (tenggiri papan) dan swordfish/marlin (ikan cucut). Batasi juga konsumsi tuna albacore 65g setiap minggunya.
  4. Apabila hendak mengkonsumsi ikan yang ditangkap dari sungai atau danau, perhatikan kondisi air dan lingkungan di sekitarnya.
  5. Jika ingin menambah jumlah konsumsi ikan, selalu perhatikan nilai kalori harian yang dibutuhkan.’

 

Kesimpulan

Ikan memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan otak anak atau janin. Namun banyak diantara masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa semakin banyak mengkonsumsi ikan, maka semakin baik untuk kesehatan. Pada kenyataannya, saat hamil atau menyusui dibutuhkan kecermatan dalam memilih jenis ikan dan menentukan jumlah sajian. Sebagai contoh : 100gr salmon pada hari senin, 50gr tuna pada hari rabu, 100gr ikan nila pada hari jumat dan 50gr udang pada hari sabtu.