Artikel

cara membersihkan cumi-cumi

Mungkin kita pernah mengalami dimana kita harus berurusan dengan cumi-cumi untuk pertama kalinya. Licin dan berlendir adalah godaan dan kesan awal yang pasti kita rasakan saat memegangnya. Secara fisik cumi-cumi sangat berbeda dengan ikan, mereka tidak memiliki tulang keras namun terdapat tulang yang menyerupai plastik. Dilengkapi dengan banyak tentakel dan lendir, sepertinya cumi-cumi memiliki bakat untuk mengganggu mental sebagian orang.

Dengan anatomi yang berbeda pasti membutuhkan cara tersendiri supaya kita nggak salah saat mengolahnya. Disini salah satu chef dari Sydney Fish Market, akan menjelaskan tentang cara membersihkan cumi-cumi ala koki profesional. Monggo disimak sampai selesai. Penjelasan singkat ada di bagian bawah video.

Berikut ini adalah kesimpulan yang bisa kita ambil dari cara membersihkan cumi-cumi :

  1. Pilihlah jenis cumi sesuai dengan resep yang akan kamu gunakan. Sama seperti ikan, cumi juga ada macam-macam jenisnya nggak cuma satu. Di dalam video hanya dijelaskan bahwa cumi yang cocok untuk calamari adalah cumi dengan bentuk tubuh yang lebar dan tidak terlalu tebal. Menit ke 0.18.
  2. Pisahkan kepala dari tubuhnya. Caranya pegang bagian terdalam kepala / leher, dan menggenggam bagian badannya lalu tarik kepala hingga organ dalam cumi ikut keluar. Menit 1:30.
  3. Keluarkan tulang. Cumi-cumi memiliki tulang yang bentuk dan teksturnya menyerupai plastik. Cara mengeluarkan tulangnya adalah dengan menjepit tulang dengan dua jari, lalu keluarkan dengan teknik sedikit diputar lalu tarik. Menit ke 1:33.
  4. Memisahkan kulit cumi-cumi. Sebenarnya kulitnya ini tidak menimbulkan masalah jika kita makan, tapi untuk memberikan sajian yang cantik, lebih baik kita kupas saja. Cara memisahkannya cukup mudah, sobek bagian pangkal sirip dengan jempol hingga terlihat daging berwarna putih bersih, lalu keluarkan daging dengan cara memutar. Jangan lupa ambil siripnya. Video menit ke 2:05.
  5. Bersihkan membran bagian dalam dengan menggunakan tissue. Badan bagian dalam pada cumi terdapat lapisan membran yang sangat tipis, lapisan ini harus dibersihkan. Cara membersihkannya adalah dengan mengusap lapisan kulit pakai tissue makan, mengusapnya harus satu arah yang mengarah keluar. Menit ke 3:22.